uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Tips Jadi Guru Amatir yang Sukses

Guru amatir yang sukses



Dalam dunia pendidikan tidak dapat dipungkir pendatang baru (Guru muda atau Guru Baru) sering kali diremehkan. Dianggap tak punya pengamalan dan tak punya kemampuan mempuni dalam mengajar. Demikian apa yang saya alami di akhir tahun 2016.

Walaupun secara pengamalan saya pernah mengajar dua tahun Ketika masih menjadi mahasiswa. Dan ditambah saat PPL dari kampus. Serta mengikuti program PSP3 dari Kemenpora RI. Tetap saja, guru baru dan masih Mudah adalah “remah-remah.” Jongsss kan.

Tapi dari sana, saya coba membuat rumusan jadilah Amatir yang sukses. Hingga pada pertengahan tahun 2019 semua mata tertuju pada saya. Yang berhasil membawa siswa kelas 6 yang saya bimbing lulus dengan baik. Dengan nilai rata-rata tertinggi pertama dalam katagori negeri se wilayah kota. Adapun tipsnya sebagai berikut

1.   Ikuti arus tapi terarah

Sebagai pendatang baru tentu kita tak bisa serta merta menunjukan skill kita. Apalagi bila jabatan dan pangkat kita jauh dibawah orang-orang sebelum kita, yang lebih mapan baik jabatan dan kepangkatan. Maka kita dianggap tak tahu apa-apa, biarkan saja. Jangan buru-buru lepas dari stigma itu. Nikmati sambil mempelajari situasi.

Namun bila ada peluang untuk melakukan pengembangan diri, Ikutlah. Karena rata-rata guru yang lebih dulu baik yang senior dan merasa senior itu malas ikut pelatihan. Mereka sedang dengan status quo.

Dengan ikut pelatihan ada dua manfaat yang akan kamu dapatkan. Pertama wawasan kamu bertama saat pelatihan. Kedua ada jaringan. Jaringan atau mengenal guru-guru di luar sekolah mu itu penting loh!. Karena bisa jadi suatu saat kamu akan memiliki informasi penting dari sekolah lain. Dan bukan dari guru sekolah mu. Itu akan menjadikan kamu memiliki kesempatan lebih luas untuk berkembang.

2.       Menikmati rasanya dimanfaatkan

Banyak teman-teman guru muda yang merasa malas jika ia dimanfaatkan guru senior. Disuruh menulis anu, membuat itu, dan lainnya. Tapi saya mencoba mengubah sudut pandang saya. Guru senior yang memberikan perintah pada saya. Sering kali malah merasa senang.

Saya juga sering mencari kesempatan untuk belajar pada guru senior. Bila ada hal yang mereka perintahkan, saya tak mau dilepas begitu saja. Saya akan meminta bimbingan dan arahan dengan penuh. Sampai tugas yang mereka berikan selesai.

Secara halus, Saya meminta mereka mengerjakan tugasnya dari ide mereka sendiri dan saya hanya membantu masalah teknologi atau tenaga. Ide itu penting loh. Terutama ide mereka, tentu ide itu hadir dari refleksi dan pengalaman mereka. Jangan segan jika kamu sudah akrab dengan mereka beradu argument dengan santun. Meminta masukan.

 
3.       Membangun Kemistri

Selain membagun diri dan citra diri. Kita juga harus membentuk tim. Kesalahan banyak guru adalah meletakan murid sebagai murid. Dan menganggap mereka hanya anak-anak bisa.

Bagi saya semua murid saya adalah tim. Dalam tim semua harus saling membantu. Mengingatkan jika ada yang salah. Mendukung dan saling memberikan semangat. Kadang kita sebagai guru juga membutuhkan masukan dari siswa. Apa yang perlu diperbaiki dan apa yang kurang menurut mereka. Sebagai bagian dari pengembangan metode

Jadi pada prinsipnya, saya menjadi guru mereka bukan karena saya lebih pintar, tapi karena saya lahir lebih dulu. Dan mereka lahir belakangan, alhasil mereka jadi siswa dan saya jadi guru. Oiya jangan segan memberikan hadiah pada siswa. Itu adalah lambing perhatian yang pali sederhana dari guru.

4.       Fokus

Pasti ada orang yang tidak suka dengan kita. Itu sangatlah wajar. Karena kita tidak bisa membuat semua orang suka ke kitakan? Jadi fokus pada pengembangan dan tugas. Karena pasti banyak orang lain atau teman guru yang mencoba menganggung konsentrasi mengajar kita dengan membuat masalah yang harusnya tidak perlu terjadi.

Apalagi yang membuat masalah itu guru senior atau wali siswa. Fokus saja pada rencana yang telah kamu buat. Kecuali masalah itu tidak bisa di tolelir. Kamu bisa meminta bantuan kepada sekolah selaku menanggung jawab semua kondisi sekolah. Mintalah saran dengan sopan.

So itu sedikit tips bagi kalian yang baru mau jadi guru... semangat ya.. ingat guru itu sebelah kakinya sudah ada di surga. Alias semuanya sudah berada dijalan yang benar.... selamat mengajar

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment