uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

TiPS DAN TRIK MERAWAT IKAN CUPANG


Tips dan trik merawat ikan cupang


Merawat ikan cupang hias membutuhkan kemampuan dan kesabaran yang cukup tinggi. Terutama jika ikan cupang yang kamu rawat adalah ikan cupang hias, tentu harus ekstra perhatiannya. Dan bagi kamu yang baru mulai mewarat ikan cupang. Berikut adalah tips merawat ikan cupang agar sehat dan cantik.


Tips dan trik merawat ikan cupang

1. Perhatikan kualitas air

Kualitas air untuk ikan cupang sangat berpengaruh. Jika ada yang bilang merawat ikan cupang tak perlu ganti air itu tidak salah. Tapi itu hanya untuk ikan koleksi pribadi yang diterima apa adanya warna dan kesehatanya tanpa perotes. Untuk ikan cupang hias, kualitas air harus benar-benar dijaga.

Misalnya untuk menpercatik bagian sirip dan ekor kamu harus mengganti air dengan rutin. Tak perlu satu hari sekali, tapi yang penting runtin. Misalnya dua atau tiga kali sehari. Saat proses pergantian air, kamu harus melakukan pengendapan air minimal tiga jam terlebih dahulu sebelum air itu dimasukan ikan cupang. 

Dalam mengganti air kamu bisa mengganti air setengah atau seluruhnya. Tapi ingat tiga jam sebelum air di gunakan harus mengalami proses pengendapan.

Tips dan trik merawat ikan cupang

2. Beri garam pada air

Garam yang dimaksud di sini bukan garam dapur yang Sobat Cerdik. Garam yang digunakan di sini adalah garam ikan yang memiliki fungsi khusus untuk menyeimbangkan osmosis di dalam tubuh ikan cupang. Pemberian garam ini juga bertujuan untuk membantu penyembuhan luka atau menstabilkan metabolisme ikan cupang.

Pemberian garam cukup 0,1% dari jumlah air. Atau juga kamu binggung perbandingannya setiap satu liter air maka kamu harus memberikan garam sebanyaj 10 gram. Dan jangan memberikan garam terlalu banyak.

Baca Juga : Tips Mengingat Cepat

Tips dan trik merawat ikan cupang

3. Gunakan daun ketapang kering

Kita sering melihat para penjual cupang membiarkan ikan cupangnya di air agak kuning kecoklatan bukan karena jorok atau malas. Namun itu adalah salah satu cara merawat ikan cupang. Berikan di tempat (wadah) ikan cupang kamu yang sudah berisi air dengan tambahan daun ketapang kering.

Daun Ketapang kering adalah antibiotik alami bagi ikan cupang. Dapat menyebuhkan luka-luka atau sirip yang sobek. Daur Ketapang kering juga dapat memperbagus kadar pH pada air ikan cupang kita. Pilihan daun Ketapang ini juga bisa diselingi dengan pemberian garam ikan.

Tips dan trik merawat ikan cupang

4. Pemberian makan

Semua makhluk hidup butuh makan, demikian pula ikan cupang. Ikan cupang membutuhkan kadar gizi dan nutrisi yang seimbang. Karena hal ini akan mempengaruhi keindahan dan kecantikan warna yang dimiliki ikan cupang. Makanan yang bergizi bagi ikan cupang adalah encu (jentik Nyamuk) dan cacing sutra. Kamu bisa membelinya di oline shop atau mencari mandiri di saluran-saluran air, sungai dan lainnya.

Tips dan trik merawat ikan cupang

5. Memindahkan cupang

Dalam merawat ikan cupang, kita sering memindahkan ikan cupang kita dari satu wadah ke wadah lain. Namun tanpa disadari dengan seringnya kita memindahkan ikan cupang kita maka semakin tinggi peluang kita merusak ekor cantik ikan cupang. Nah, di sini juga kita biasanya sering melakukan kesalahan dengan memindahkan ikan cupang kita menggunakan tangan atau serokan. Hal tersebut akan tambah merusak ekor cantik ikan cupang kita.
Jika kamu ingin memindahkan ikan cupang yang udah memiliki ekor cantik, dan ingin tetap menjaganya biasakan memindahkannya bersama dengan airnya. Dengan demikian kita sudah meminimalisir sentuhan tangan kita dengan ekor ikan cupang yang cantik itu.


Nah Sobat Cerdik, itu lah 5 tips dalam merawat ikan cupang agar tetap sehat dan cantik. Jika kamu ingin menambahkan atau memberikan masukan silahkan tinggalkan di kolom kometar. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini sama selesai. 

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment