uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Enam Hirarki kebutuhan Abraham Maslow



Halo sobat cerdik,

Pada artikel ini kita akan membahas tentang hiraki kebutuhan. Hirarki butuhan  adalah sebuah tingkatan kebutuhan yang dimiliki dan dibutuhkan oleh manusia. Teori ini pertama kali dipaparkan oleh Abraham Maslow atau yang lebih familier dengan panggilan Maslow.

Teori ini sangat penting untuk diketahui. Khususnya untuk guru dan orang tua yang setiap hari berinteraksi dengan anak-anak. Namun secara umum ini perlu diketahui untuk mempermudah sebuah komunikasi kita atau pelatihan yang kita buat.

Teori ini pertama kali dikenal melalui makalah yang dibuat oleh Maslow yang berjudul “a theory of human motivation” dalam psychological review. Hirarki kebutuhan ini digunakan Maslow untuk dapat mempelajari manusia secara intrinsik mengambil bagian dalam motivasi prilaku manusia.

Yang pertama adalah kebutuhan fisiologi. Kebutuhan fisiologi menjadi kebutuhan yang mendasar dari semua kebutuhan. Kebutuhan fisiologi menjadi kebutuhan yang universal bagi manusia. kebutuhan fisiologi diantaranya, makanan, minuman, tidur, pakaian, tempat tinggal, kesehatan dan kebutuhan fisik lainnya.

Kedua, kebutuhan rasa aman. Rasa aman sangat penting bagi manusia. Dengan rasa aman manusia nampu mengembangkan ide, gagasan dan pengetahuannya. Jika sebuah lingkungan tidak mampu itu memberikan rasa aman. Maka manusia akan terus merasa was-was tanpa henti. Kebutuhan rasa aman meliputi, keamanaan secara pribadi, keamanan emosional, keamanan keuangan, keamanan kesehatan dan kesejahtraan.

Ketiga adalah kebutuhan yang bersifat interpersonal yaitu perasaan dimiliki dan memilki. Dengan rasa dimiliki seseorang merasa diakui ada dalam sebuah intraksi baik interaksi pertemanan ataupun interaksi kelurga. Dengan rasa memiliki seseorang mau dan mampu menjaga sesuatu yang dianggap berharga dan patut untuk dilindungi. Kebutuhan memiliki meliputi keintiman, keluarga, dan pertemanan.

Keempat, kebutuhan untuk dihargai atau harga diri. Setiap manusia memiliki harkat dan martabat. Jika harkat dan martabat atau yang sering kita sebut sebagai harga dirinya diinjak-injak maka yang terjadi orang tersebut kemungkinan akan melakukan dua hal. Ia akan menarik diri dari lingkungannya karena ia tidak dihargai, atau dia akan melawan dan menindas balik orang yang menginjak-injak harga dirinya. Kebutuhan harga diri mencakup pengakuan kekuatan, kompetensi, penugasan dan percaya diri

Kelima, aktualisasi atau pengembangan diri. Seorang manusia membutuhkan ruang untuk dapat beraktualisasi diri. Aktualisasi sesuai dengan kemau dan peminatan yang diingkan. Aktualisasi ini meliputi akuisisi mitra, mengejar tujuan, memanfaatkan serta mengembangkan talent ataupun kemampuan dan terakhir adalah parenting.

Keeman, adalah transendensi. Transendensi adalah dimensi lanjutan. Transendensi merupakan tingkat kesadaran manusia yang paling tinggi, inklusif, holistik dengan tuhan, alam atau cosmos. Transendensi sering kita dengar dengan spiritual. Inilah yang melengkapi hirarki kebutuhan Maslow.
Nah itu, sobat tentang toeri hararki kebutuhan dari Maslow. Kebutuhan ini berurutan dari fisiologi, sampai ketransendesi. Jika artikel ini bermafaat silahkan share dan berikan komentar positif di kolom komentar.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment