uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Apa Itu E Rapot ? Mengenal E Rapot Lebih dekat

E Rapot


E Rapot atau elektornik rapot adalah salah satu terobosan dalam dunia pendidikan nasional. E rapot bertujuan untuk mempermudah guru-guru serta oprator sekolah dalam menghimpun dan dan merekap nilai-nilai dari semua guru.

Jika pada penilaian konvesional semua nilai akan diserahkan kepada pada wali kelas. Lalu wali kelas mendapatkan beban lebih dibanding guru yang tidak menjadi wali kelas. Wali kelas harus menulis nilai-nilai atau menginput nilai-nilai yang diserahkan padanya. Atau operator menginput nilai-nilai tersebut. disini ada proporsi kerja yang tidak seimbang.

Pembagian tugas yang tidak efektif dan efisien ini akhirnya memperlambat proses pengumulan nilai yang harus disampaikan kepada orang tua. Seperti namanya raport adalah sarana melaporkan hasil perkembangan anak yang ada di sekolah. Baik itu perkembangan nilai maupun pengetahuan.

Semenjak diberlakukan kurikulum 2013, banyak guru mengalami kesulitan dalam melakukan penginputan nilai siswa. Hal ini dikarenakan guru yang menjadi wali kelas harus menunggu nilai-nilai dari guru lainnya.

Kini dengan kemunculan E rapot. Wali kelas tidak lagi harus menunggu nilai dari guru-guru yang mengajar. Seolah-olah “mengejar” guru yang bersangkutan. Dengan adanya E rapot guru yang tidak menjadi wali kelas harus disiplin karena jika ia telat memberikan nilai atau memperlambat proses pengerjaan nilai dengan telat memberikan nilai semua bisa diawasi langsung kinerjanya melalui E rapot.

Keunggulan E rapot lainnya adalah guru bisa mengerjakan nilai-nilai siswa di leptop pribadinya tanpa harus menunggu atau meminjam satu leptop khusus. Guru bisa mengerjakan E rapot dari rumah dengan syarat leptop server atau komputer server tatap dalam kondisi “on”

Pada E rapot banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Namun secara umum, pembagian tugas untuk mengoprasikan E rapot dibagi menjadi tiga. Admin, Guru dan wali kelas.

Untuk akun admin biasanya diberika kepada para oprator. Admin menjadi jatung dari kesuksesan E Rapot. Admin berfungsi untuk menyiapkan segala perangkat. Data siswa diambil dari singkronisasi dapodik. Dan menyiapkan KD yang akan di olah oleh para guru, KKM sekolah, dan data mata pelajaran. Operator juga bertugas untuk memantau perkembangan pengisian E Rapot. Dari akun Admin semua dapat terpantau dengan baik.

Kedua adalah aku wali kelas. Akun wali kelas adalah akun yang dikelola oleh para wali kelas. Pada akun ini berisi data-data siswa seperti ke status penilaian, input nilai, nilai ekskul, abses siswa, data prestasi. Selain itu wali kelas juga dapat meliha guru mana yang belum menginput nilai. Wali kelas juga bisa memperbaiki data tambahan yang ada di data siswa.

Namun wali kelas tidak dapat memperbaiki nilai apa yang telah di input oleh guru-guru. nilai tetap menjadi otoritas bagi guru yang menilai. Dan yang akhir adalah bagian guru. pada bagian guru terdapat beberapa tahap untuk melakukan penilaian. Guru harus merancang penilaian yang dilakukan. Namun sebelum merancang guru harus memastikan data KD yang diinput untuk nilai sesuai dengan apa yang telah dilakukan.


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment